Tips Kesehatan

Dikucek Justru Bahaya! Ini Cara Atasi Mata Gatal yang Aman

Mata gatal memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Biasanya kita pasti akan reflek untuk mengucek mata agar meredakan sensasi gatal yang timbul. Tapi mengucek mata, bukanlah cara mengatasi mata gatal yang aman lho!

Mengucek mata justru bisa memperparah kondisi kesehatan mata. Kotoran yang masuk ke area mata bisa masuk lebih dalam lagi. Mata juga bisa terinfeksi oleh kuman dan bakteri yang ada di tangan Anda.

Oleh karena itu perlu penanganan yang lebih aman. Jika Anda kerap mengalami gejala mata gatal, simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Penyebab Mata Gatal

Sebelum mengetahui penanganan mata gatal, sebaiknya kita pelajari dulu apa saja faktor yang bisa menyebabkannya. Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab mata gatal.

Masuknya Kotoran

Penyebab umum terjadinya mata gatal adalah masuknya kotoran ke dalam mata alias kelilipan. Bisa debu, pasir halus, bulu mata, binatang kecil, dan berbagai objek mini lainnya. Jika ini terjadi sangat disarankan untuk tidak mengucek mata.

Saat kotoran masuk ke dalam mata lalu Anda menguceknya, maka ada risiko terjadi abrasi atau lecet pada kornea mata. Hal ini akibat gesekan antara kotoran dan juga bola mata Anda.

Alergi

Mata gatal bisa disebabkan oleh alergi terhadap beberapa objek tertentu. Bisa spora jamur, serbuk sari, bulu binatang, kondisi lingkungan, makanan, dan lain-lain. Alergen pada setiap orang berbeda-beda. Maka dari itu jika Anda memiliki alergi sebaiknya lebih waspada.

Mata Kering

Ketika produksi air mata sedikit maka mata akan kehilangan pelumas alaminya. Hal ini menyebabkan kondisi mata kering. Mata yang kering bisa timbulkan gejala yang salah satunya adalah sensasi rasa gatal dan menyengat pada mata.

Mata Tegang

Kondisi mata tegang dapat disebabkan oleh paparan layar gadget yang terlalu intens. Paparan layar gadget ini akan sebabkan mata stres, tegang, dan munculkan gejala mata gatal.

Pemakaian Lensa Kontak

Penggunaan softlens yang kurang bijak juga bisa sebabkan mata gatal. Mulai dari kebersihan softlens, tempat menyimpan, dan cara penggunaan. Jika kebersihan softlens tak dijaga maka berbagai macam kotoran bisa menumpuk.

Ketika softlens yang kurang steril dipakai pada mata maka bisa sebabkan mata gatal. Untuk itu penting untuk selalu jaga kebersihan softlens Anda. Pastikan juga Anda selalu mencuci tangan saat akan menggunakan atau melepas softlens.

Radang Kelopak Mata

Dalam dunia medis kondisi ini disebut sebagai blepharitis. Radang kelopak mata bisa terjadi karena kelenjar minyak di dasar bulu mata tersumbat. Kondisi ini akan memunculkan gejala yang salah satunya adalah mata gatal.

Cara Mengatasi Mata Gatal yang Aman

Setelah mengetahui penyebab mata gatal, kini kita bisa beralih untuk menemukan penanganan yang tepat. Berikut beberapa cara mengatasi mata gatal yang aman dan bisa Anda coba.

Obat Anti-alergi

Bagi Anda yang mengalami mata gatal akibat alergi maka Anda bisa mengonsumsi obat anti-alergi. Namun Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Untuk mengetahui penyebab alergi dan pemilihan obat yang tepat.

Kompres Dingin

Cara sederhana untuk redakan rasa gatal adalah dengan melakukan kompres air dingin. Anda bisa menggunakan kain bersih yang sudah dimasukkan dalam air es.

Atau membungkus es batu dengan kantong kompres, lalu letakkan pada bagian mata yang gatal. Jangan tempelkan terlalu lama, lepas kompresan jika mata terasa sudah tidak kuat. Ulangi kembali untuk beberapa kali hingga rasa gatal mulai berkurang.

Mentimun

Selain kompres dingin, Anda juga bisa mengompres mata gatal menggunakan mentimun. Kandungan anti-oksidan dan anti-iritasi dalam mentimun mampu redakan mata gatal.

Caranya iris-iris mentimun lalu simpan di dalam kulkas selama 15 menit. Setelah itu Anda bisa langsung menempelkannya ke mata yang gatal.

Lidah Buaya

Aloe vera kaya akan kandungan phytonutrisi yang bersifat menenangkan. Kandungan ini bisa bantu meredakan gejala mata gatal yang Anda Alami. Anda dapat menggunakan lidah buaya asli yang telah dijadikan jus maupun gel lidah buaya yang banyak di pasaran.

Celupkan bola kapas ke dalam lidah buaya, lalu langsung kompreskan ke mata yang gatal. Biarkan selama 10 sampai 15 menit. Lakukan beberapa kali sehari sampai gejala mata gatal mereda.

Teh Kantong

Cara mengatasi mata gatal yang selanjutnya adalah menggunakan teh kantong. Anda bisa memanfaatkan beragam jenis teh, baik teh hijau, teh melati, maupun teh chamomile. Caranya adalah rendam dulu kantong teh hingga basah dengan air hangat.

Setelah itu diamkan hingga dingin, atau anda juga bisa menyimpannya di lemari es selama beberapa menit. Setelah itu tempelkan pada bagian mata yang gatal. Diamkan kurang lebih selama 15 menit.

Witch Hazel

Ekstrak tanaman witch hazel memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi kesehatan mata. Larutan mengandung witch hazel mampu membersihkan dan menyegarkan kembali mata yang bermasalah. Termasuk diantaranya adalah mata gatal.

Witch hazel mampu bersihkan mata dari kotoran berupa debu, maupun kotoran berbahan kimia contohnya dari asap kendaraan. Larutan witch hazel kini juga mudah ditemukan. Anda bisa mendapatkannya di dalam produk bernama Y-Rins.

Y-Rins adalah obat pencuci mata mengandung witch hazel yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.

Ia juga bisa meringankan iritasi ringan pada mata yang disebabkan oleh udara yang berdebu atau berasap, dan mata lelah akibat mengemudi atau pekerjaan yang memerlukan penglihatan dekat.

Fahrenheit

Recent Posts

6 Trik Makan Sehat dan Praktis untuk Orang Sibuk

Kesibukan kerja membuat Anda sulit mencari waktu untuk makan? Jangan khawatir, kami punya solusinya berikut…

4 months ago

Jangan Salah Pilih! Simak Tips Memilih Susu yang Aman untuk Diabetes

Karena punya penyakit gula, bukan berarti Anda tak boleh minum susu lagi. Anda perlu pintar-pintar…

4 months ago

3 Minuman Sehat untuk Penderita Diabetes – Dijamin Enak!

Tahukah Anda ada beberapa minuman yang bukan saja sehat bagi penderita diabetes, tapi rasanya juga…

4 months ago

Makanan penganti untuk penderita diabetes

Punya diabetes bukan berarti Anda harus stop menikmati makanan enak. Berikut ini 5 alternatif makanan…

4 months ago

Benarkah Terkena Darah Ayam Bisa Sebabkan Kutil Muncul?

Pernahkah Anda mengalami kutil di tangan setelah terkena darah ayam? Benarkah darah ayam bisa menyebabkan…

4 months ago

Air Putih Saja Tak Cukup! Ini 6 Alternatif Minuman Penambah Cairan Tubuh untuk Cegah Dehidrasi

Air putih saja tak cukup kalau untuk cegah dehidrasi. Simak pilihan 6 jenis minuman penambah…

5 months ago