Kutil bisa muncul di kulit akibat virus human papilloma alias HPV. Tapi, ada anggapan bahwa terkena darah ayam juga bisa menyebabkan kutilan. Apakah benar?

Simak penjelasan di bawah ini.

 

Apa Penyebab Munculnya Kutil?

Kutil adalah benjolan kecil yang tumbuh di kulit, yang akan muncul setelah Anda terekspos virus HPV (human papilloma virus). Ada lebih dari 150 jenis virus HPV, namun hanya beberapa di antaranya yang bisa menyebabkan kutil.

Meski sejumlah jenis virus HPV sering ditularkan lewat seks, sebagian besar jenis HPV lainnya justru menyebar lewat sentuhan kulit atau barang (misalnya dari handuk atau pakaian).

Jika Anda terekspos virus HPV di bagian kulit yang sedang terluka meski kecil saja (misalnya lecet atau tergores), besar kemungkinan kutil akan muncul.

 

Apakah Darah Ayam Bisa Menyebabkan Kutil?

Virus HPV bukan saja berkembang pada manusia, tapi juga pada hewan, terutama kelinci, anjing, hamster, dan hewan ternak termasuk ayam.

Beberapa penelitian sempat dilakukan di Prancis, Inggris, dan New Zealand menemukan bahwa orang-orang yang bekerja di peternakan lebih sering mengalami kutil dibanding orang lain. Namun, fenomena ini tidak hanya terjadi di peternakan ayam, tapi juga di peternakan sapi, domba, dan babi. 

Di sebuah peternakan di New Zealand yang dijadikan fokus penelitian, ada sejumlah 106 karyawan peternakan yang dianalisis. Sebanyak 44% mengalami pertumbuhan kutil di tangan, tidak lama setelah mereka mulai bekerja di peternakan.

Setelah diperiksa, kutil yang muncul di tangan para pekerja peternakan ini berasal dari virus HPV tipe 7, yang adalah jenis HPV yang tidak terlalu umum ditemukan. Berbeda dengan pertumbuhan kutil pada umumnya, di mana kutil muncul setelah virus HPV masuk lewat luka atau bukaan kecil di kulit, pada kasus di peternakan ini kutil tetap muncul meski tidak ada bagian kulit yang luka atau terbuka.

Penyebab munculnya kutil pada orang-orang yang bekerja dengan hewan ternak ini diduga adalah dari virus HPV yang ada pada permukaan daging mentah. Di peternakan di New Zealand ini, para karyawan yang mengalami kutil adalah yang pekerjaan sehari-harinya banyak meng-handle daging ayam mentah yang tidak dalam keadaan beku.

 

Cara Mencegah Munculnya Kutil Jika Sering Memegang Ayam Mentah

Jika Anda sering menyentuh daging ayam dalam suhu ruang, memang ada kemungkinan Anda bisa terekpos virus HPV sehingga muncul kutil. Namun, penyebabnya bukan dari darah ayam, melainkan dari daging ayam mentah tersebut (yang mungkin masih ada darahnya).

Untuk melindungi diri, pastikan Anda mencuci tangan dengan bersih setelah memegang daging ayam mentah yang tidak beku. Jika sedang ada luka, lecet, atau jerawat di tangan, kenakan sarung tangan sebelum menyentuh daging mentah.

Yang penting diketahui, meski Anda sudah terekspos virus HPV, belum tentu kutil akan muncul. Jika sistem imun Anda kuat, virus HPV yang masuk ke tubuh bisa dikalahkan sehingga tidak akan memunculkan kutil. 

 

Bagaimana Jika Kutil Sudah Telanjur Muncul?

Meski sering kali mengganggu, kutil pada umumnya tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa nyeri. Jika tidak diobati, kutil biasanya akan menghilang sendiri setelah 6 bulan. 

Namun jika Anda ingin menghilangkan kutil dengan cepat, gunakan obat kutil di apotik yang aman dan ampuh menghilangkan kutil tanpa rasa sakit. Salah satunya adalah Callusol.

Callusol praktis digunakan di rumah untuk mengobati kutil. Cukup dioles pada kutil, tunggu kering, dan tutup dengan plester. Ulangi dua kali sehari, setiap hari sampai pada akhirnya kutil akan ikut lepas sendiri saat Anda mengganti plester.

Beli CALLUSOL di sini