Sebagai pengidap diabetes, Anda harus mulai berhati-hati mengenai makanan apa yang ada di menu sehari-hari. Sering kali, tanpa disadari asupan makanan kita yang kelihatannya sehat ternyata tinggi gula dan kolesterol jahat, sehingga membuat kondisi diabetes semakin parah.

Namun bukan berarti Anda harus stop menikmati makanan enak. Berikut ini ada 5 alternatif bahan makanan yang tak kalah lezat, untuk menggantikan bahan makanan lain yang kurang baik bagi pengidap diabetes.

 

1. Nasi putih →  Ganti dengan nasi merah

Setelah Anda didiagnosis dengan diabetes, dokter biasanya menganjurkan untuk mengurangi nasi putih. Tapi, kalau Anda tidak bisa makan tanpa nasi, ganti saja dengan nasi merah.

Berbeda dengan nasi putih, nasi merah disajikan masih dengan cangkang pembungkusnya sehingga terkadang teksturnya tidak selembut nasi putih. Namun, “cangkang” tersebut mengandung serat dan protein tinggi, yang baik untuk kesehatan kita.

Serat dalam nasi merah membuat kita cepat kenyang, dan tetap kenyang dalam jangka waktu lama. Riset menunjukkan bahwa setelah makan nasi merah, gula darah kita juga tetap stabil dan tidak ada pelonjakan seperti setelah makan nasi putih.

 

2.  Roti putih → Ganti dengan roti gandum utuh

Mirip dengan nasi merah vs nasi putih, roti gandum utuh (whole wheat) adalah roti yang dibuat dari gandum yang disajikan dengan “cangkangnya”. Kandungan seratnya lebih tinggi, dan bisa mengontrol gula darah sehingga tetap stabil.

Selain roti, Anda juga bisa mengganti produk lain yang terbuat dari gandum misalnya mie dan pasta, ke yang bahan utamanya gandum utuh. Ingat, cari yang labelnya gandum utuh atau whole wheat, ya. 

 

3. Kue kering → Ganti dengan buah potong

Anda mungkin sudah tak perlu diberi tahu lagi bahwa kue-kue dan camilan manis lainnya biasanya mengandung banyak gula tanpa ada kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tapi bagaimana jika doyan ngemil makanan manis?

Mulai sekarang, selalu sediakan buah potong di rumah. Saat hasrat ngemil muncul, daripada membuka setoples kue, coba ambil buah potong segar dari kulkas.

Bukan saja kandungan gulanya alami, buah-buahan juga tinggi vitamin sehingga sering ngemil buah malah bisa menyehatkan.

Tapi ingat, meski gulanya alami, buah juga tetap mengandung gula, sehingga jangan dikonsumsi berlebihan terutama untuk buah yang rasanya sangat manis. Buah yang terbaik untuk penderita diabetes adalah alpukat, apel, kiwi, anggur, stroberi, blueberry, pisang, dan buah-buahan asam.

 

4. Makanan yang digoreng → Ganti dengan makanan yang ditumis, direbus, dikukus, atau dipanggang

Makanan yang digoreng mengandung lemak jahat dan kolesterol yang bisa mengganggu kesehatan Anda, terutama jika sudah ada diabetes. Selain itu, vitamin dan nutrisi lain yang terkandung di dalam makanan juga hilang jika digoreng.

Agar lebih sehat, stop menggoreng makanan dan beralihlah pada metode memasak lain seperti menumis, merebus, mengukus, memanggang, atau bahkan memanggang alias barbekyu.

 

5. Susu → Ganti dengan Dmensol

Secara alami, susu sudah mengandung gula. Namun sebagian besar produk susu yang dijual di pasaran sudah ditambahkan gula lagi sehingga rasanya lebih manis. Sebagai pengidap diabetes, kebiasaan minum susu bisa berakibat buruk dan membuat insulin tidak terkontrol.

Tapi jika Anda punya diabetes dan hobi minum susu, jangan khawatir. Ada Dmensol yang bisa menggantikan.

Dmensol adalah protein powder yang rasanya persis seperti susu, namun tidak mengandung gula sehingga aman bagi pengidap diabetes. Sering disebut sebagai susu diabetes, Dmensol mengandung protein tinggi dan bisa membuat kenyang, sehingga sering dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet atau butuh asupan protein tambahan.

Beli DMENSOL di sini