Tips Kesehatan

Ingin Punya Mata Sehat Sampai Tua? Perbanyak Konsumsi Makanan Ini

Memiliki mata yang sehat adalah sebuah kebutuhan, karena mata merupakan indera yang sangat penting dalam kehidupan. Oleh karena itu kita harus memperhatikan kesehatannya, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang baik untuk mata.

Makanan memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara umum, dan mata pada khususnya. Asupan nutrisi dan vitamin dari makanan dapat menunjang kinerja mata dan mencegahnya mengalami penurunan kemampuan. 

Nutrisi Apa yang Dibutuhkan Mata

Mata membutuhkan beberapa nutrisi penting untuk menunjang kesehatannya. Mulai dari vitamin A, vitamin C, Vitamin E, zinc, asam lemak omega-3, dan juga zinc.

Dari sekian banyak nutrisi, mata membutuhkan setidaknya mineral dan juga antioksidan. Kedua kandungan ini bisa meningkatkan daya penglihatan, menurunkan risiko mata terkena katarak, dan degenerasi makula.

Makanan untuk Mata Agar Semakin Sehat

Nutrisi tadi bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk kesehatan mata.

Wortel

Ya, sejak dahulu wortel memang sudah dikenal sebagai agen penyehat mata. Makanan yang berwarna orange tinggi akan kandungan beta karoten. Kandungan beta karoten inilah yang nantinya akan tubuh ubah menjadi vitamin A. 

Vitamin A ini sendiri bermanfaat dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh dan juga meningkatkan fungsi indera penglihatan kita. Selain itu ia juga bisa menyehatkan kulit lho.

Sayuran Hijau

Dalam sayuran berwarna hijau tua terdapat kandungan antioksidan bernama lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan ini sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko katarak dan juga degenerasi makula.

Kedua kandungan ini dapat diserap oleh lensa dan retina, lalu menyerap kerusakan yang diakibatkan oleh cahaya yang masuk ke mata. Oleh karena itu jangan lupa memasukkan sayuran hijau ke dalam menu makan Anda, seperti bayam atau kale.

Labu Kuning dan Ubi

Seperti wortel, dua makanan ini juga baik untuk mata karena memiliki kandungan betakaroten yang tinggi. Selain bermanfaat untuk mata, Anda juga bisa menjadikan labu kuning maupun ubi sebagai camilan sehat.

Telur

Selain kandungan protein yang tinggi, telur juga mengandung zinc, omega-3, dan vitamin E. Seperti sayuran hijau, telur juga mengandung zat antioksidan lutein, serta zeaxanthin. Jadi telur akan sangat baik untuk mencegah terjadinya degenerasi makula.

Warna kuning-oranye dari kedua senyawa ini bisa mencegah kerusakan mata akibat sinar biru yang berbahaya. Mereka juga bisa meningkatkan jumlah pigmen pelindung pada makula, yakni bagian mata yang berperan mengendalikan penglihatan sentral.

Makanan Kaya Vitamin C

Tak hanya vitamin A, mata juga sangat membutuhkan asupan vitamin C. Kandungan vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan. Fungsinya adalah mencegah terjadinya penurunan kemampuan penglihatan karena bertambahnya usia dan paparan radikal bebas.

Vitamin C akan membentuk dan mengelola jaringan ikat, termasuk kolagen yang ada di kornea mata. Sehingga risiko terjadinya katarak dan degenerasi makula bisa ditekan. 

Kandungan vitamin C ini bisa Anda temukan di banyak makanan, terutama buah citrus dan berbagai jenis berry. Mulai dari jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, stroberi, blueberry, dan lain-lain. 

Selain buah kandungan vitamin C yang tinggi juga bisa Anda temukan pada sayuran. Seperti brokoli, kubis, dan juga paprika.

Biji Bunga Matahari

Siapa sangka kalau biji bunga matahari yang biasanya kita makan sebagai camilan juga punya jadi salah satu makanan yang baik untuk mata. Pada biji bunga matahari kita bisa menemukan kandungan selenium, vitamin E, dan zinc.

Kandungan ini berperan untuk mencegah penurunan kemampuan penglihatan karena penuaan. Selain itu biji bunga matahari juga mengandung vitamin B2 yang bisa membantu atasi penyakit photophobia, yakni kondisi dimana mata terlalu sensitif terhadap cahaya.

Makanan Laut

Mengonsumsi berbagai makanan laut seperti tuna, salmon, dan sarden juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mata. Berbagai jenis ikan ini mengandung lemak omega-3 yang sangat tinggi dan sangat baik untuk kesehatan mata.

Selain mengurangi risiko kerusakan mata akibat penuaan, omega-3 juga ampuh untuk mengatasi sindrom mata kering

Selain ikan, Anda juga bisa mengonsumsi kepiting dan juga tiram. Keduanya merupakan sumber vitamin dan juga zinc yang bisa mengoptimalkan kinerja retina. 

Kacang-Kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti almond, kacang polong hitam, kacang merah, dan kacang lentil juga bisa membantu jaga kesehatan mata Anda. Kacang-kacangan tinggi akan kandungan vitamin E, yang mana baik untuk mencegah penurunan kemampuan mata.

Tips Jaga Kesehatan Mata

Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk mata, Anda juga harus menjaga gaya hidup yang baik. Seperti tidak merokok, membatasi penggunaan gadget, gunakan kacamata UV filter saat suasana terik, pergi ke dokter mata secara teratur, dan menjaga kebersihan mata.

Mata yang kotor baik kemasukan kotoran maupun karena interaksi dengan tangan yang penuh bakteri, bisa menjadi sumber segala masalah pada mata. Oleh karena itu Anda harus rutin membersihkan mata dengan cairan pembersih mata khusus.

Anda bisa menggunakan cairan pembersih mata bernama Y-Rins. Kandungan alami dari ekstrak tanaman witch hazel di dalamnya mampu membersihkan mata dari segala jenis kotoran, menyejukkan, dan menyegarkan kembali mata yang lelah dan sakit.

Y-Rins juga bisa meringankan iritasi ringan pada mata yang disebabkan oleh udara yang berdebu atau berasap, dan mata lelah akibat mengemudi atau pekerjaan yang memerlukan penglihatan dekat.

Fahrenheit

Recent Posts

6 Trik Makan Sehat dan Praktis untuk Orang Sibuk

Kesibukan kerja membuat Anda sulit mencari waktu untuk makan? Jangan khawatir, kami punya solusinya berikut…

4 months ago

Jangan Salah Pilih! Simak Tips Memilih Susu yang Aman untuk Diabetes

Karena punya penyakit gula, bukan berarti Anda tak boleh minum susu lagi. Anda perlu pintar-pintar…

4 months ago

3 Minuman Sehat untuk Penderita Diabetes – Dijamin Enak!

Tahukah Anda ada beberapa minuman yang bukan saja sehat bagi penderita diabetes, tapi rasanya juga…

4 months ago

Makanan penganti untuk penderita diabetes

Punya diabetes bukan berarti Anda harus stop menikmati makanan enak. Berikut ini 5 alternatif makanan…

4 months ago

Benarkah Terkena Darah Ayam Bisa Sebabkan Kutil Muncul?

Pernahkah Anda mengalami kutil di tangan setelah terkena darah ayam? Benarkah darah ayam bisa menyebabkan…

4 months ago

Air Putih Saja Tak Cukup! Ini 6 Alternatif Minuman Penambah Cairan Tubuh untuk Cegah Dehidrasi

Air putih saja tak cukup kalau untuk cegah dehidrasi. Simak pilihan 6 jenis minuman penambah…

5 months ago