Sejak masa pandemi ini, tak hanya pekerja kantoran saja yang menghabiskan waktu hampir seharian penuh menatap layar komputer. Karena makin banyak orang kini beraktivitas di rumah, layar gadget semakin mendominasi hidup kita. Dari mulai kerja, gaming, streaming, hingga scrolling media sosial, semua kita lakukan dengan mata menatap layar gadget.

Ekspos mata secara berlebihan terhadap layar monitor ini tentunya berakibat buruk bagi mata kita. Apa saja efeknya? Simak di bawah ini:

 

1. Mata kering dan panas karena jarang berkedip

Menurut hasil dari penelitian mata yang dilakukan tahun 2015, saat menatap layar monitor baik itu komputer, HP, tablet, atau televisi, mata kita akan lebih jarang berkedip. 

Padahal, berkedip adalah mekanisme alamiah untuk membasahi mata. Jika mata kita jarang berkedip akibat menatap layar monitor seharian, akibatnya mata akan jadi kering dan bahkan terasa panas.

 

2. Anda bisa mengalami migrain visual

Migrain adalah serangan nyeri yang biasanya terjadi pada kepala. Namun, terlalu lama bekerja di depan layar komputer juga bisa menyebabkan jenis migrain yang lain yaitu migrain visual.

Migrain visual adalah gangguan mata yang membuat Anda melihat noda, garis, atau benda seperti benang di penglihatan Anda. Migrain visual memang tidak permanen dan biasanya akan hilang sendiri dalam 20-30 menit, tapi selama ini terjadi, penglihatan Anda akan terganggu dan terasa tidak nyaman.

 

3. Penglihatan kabur

Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk membaca banyak teks lewat layar komputer, setelah sekian lama Anda mungkin bisa mengalami penglihatan kabur.

Mata kita memerlukan usaha ekstra untuk membaca tulisan di layar monitor, karena mata juga harus memproses pancaran sinar dari layar dan refleksi cahaya di permukaan monitor. Jika mata terus-terusan dipaksa membaca dari layar komputer seharian penuh, jangan heran jika di akhir hari Anda merasa penglihatan menjadi sedikit buram karena mata lelah dan kesulitan untuk fokus.

 

Mencegah Efek Buruk Layar Komputer Pada Mata

Jika pekerjaan memang mengharuskan Anda untuk bekerja di depan komputer seharian, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kerusakan mata.

Lakukan pedoman 20-20-20 selama bekerja di depan layar komputer. Setelah 20 menit menatap layar, istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat benda yang jaraknya jauh, minimal 20 langkah dari tempat Anda.

Ingatkan diri untuk berkedip-kedip setiap 15 menit agar mata tidak kering.  Saat pekerjaan di depan komputer sudah selesai, jangan langsung pindah ke layar lain (HP atau televisi). Istirahatkan mata dan lakukan aktivitas yang tidak memerlukan layar monitor.

Cuci mata dengan pembersih mata Y-Rins untuk mengatasi mata lelah, kering, dan panas. Beda dengan obat tetes mata, Y-Rins bukanlah obat melainkan cairan steril untuk membersihkan dan menyegarkan mata. Tanpa bahan pengawet sehingga aman digunakan setiap hari.

Beli Y-RINS di sini