Tips Kesehatan

Gemar Pakai High Heels Setiap Hari? Cegah Kapalan dengan Cara Ini

Anda gemar menggunakan high heels untuk kegiatan sehari-hari? Sepatu dengan hak yang tinggi memang mampu menunjang penampilan seorang wanita untuk terlihat lebih anggun dan cantik.

Namun penggunaan high heels yang terlalu sering bukan tanpa risiko.

Selain kaki yang kerap pegal, kulit telapak juga bisa timbul penebalan lapisan kulit atau kapalan. Nah, kapalan akibat sepatu high heels adalah masalah yang sering terjadi pada wanita.

Dalam dunia medis kapalan disebut dengan callus, yakni bagian kulit yang mengeras dan menebal sebagai bentuk perlindungan kulit terhadap gesekan dan tekanan yang berlebihan.

Kulit yang kapalan selain menebal biasanya juga diikuti dengan perubahan warna menjadi kekuningan dan menjadi kurang sensitif. Kapalan ini berbeda dengan mata ikan, kapalan berbentuk lebar dan tidak memiliki tepian yang jelas.

Sedangkan mata ikan ukurannya lebih kecil, membulat, dan keras.

Cara Mencegah Kapalan Akibat Sepatu High Heels

Jika Anda gemar menggunakan high heels dan tak ingin mengalami kapalan, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Berikut beberapa tips mencegah kapalan untuk pengguna high heels :

1. Pastikan Memakai Sepatu Dengan Ukuran yang Pas

Salah satu penyebab kapalan adalah karena penggunaan sepatu dengan ukuran yang tidak cocok. Maka pastikan Anda mencari sepatu dengan ukuran yang pas, tidak terlalu lebar dan tidak terlalu sempit.

Jika Anda menggunakan sepatu yang terlalu sempit maka kulit kaki akan mengalami gesekan terus-menerus dengan bagian dalam sepatu.

Sebagai perlindungan, kulit yang kerap tergesek ini akan menebal agar mencegah kulit lecet. Penebalan inilah yang menyebabkan kapalan.

Selain penggunaan sepatu pas, Anda juga bisa menggunakan kaus kaki. Saat ini banyak pilihan kaus kaki di pasaran, salah satunya kaus kaki khusus untuk pengguna heels yang memiliki potongan rendah.

2. Gunakan Pelembab Kaki

Tips mencegah kapalan yang kedua adalah dengan rutin mengoleskan pelembab ke area kaki. Oleskan pelembab yang mengandung asam salisilat, amonium laktat, atau urea ke bagian telapak kaki yang mengeras.

Penggunaan pelembab dengan kandungan tersebut dapat membantu melunakkan sekaligus menghaluskan kulit yang kapalan.

Jika kapalan Anda sudah cukup parah dan penebalannya melebar, bisa manfaatkan salep obat kapalan seperti Callusol.

Kombinasi bahan-bahan keratolitik dari asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol di dalam larutan Callusol akan melunakkan dan melepaskan penebalan kulit secara bertahap.

Setelah beberapa kali pemakaian bagian kulit yang mengeras akibat kapalan akan terlepas sendiri dari kulit.

Beli CALLUSOL di sini

3. Rutin Potong Kuku

Kuku yang terlalu panjang akan membuat jari-jari kaki Anda mendorong sepatu ke arah atas. Hal ini akan membuat gesekan antara sepatu dan kaki menjadi lebih intens dan kapalan pun tak dapat dihindari.

Selain mampu cegah kapalan, dengan rutin memotong kuku juga bisa menghindarkan kita dari berbagai permasalahan kaki yang bisa saja terjadi. Jadi, jangan lupa untuk rutin potong kuku ya.

4. Beri Waktu Kaki Beristirahat

Jika Anda adalah wanita yang rutin menggunakan high heels sehari-harinya, berikan waktu kaki untuk beristirahat. Anda dapat melakukannya dengan melepas high heels ketika sedang tidak beraktivitas.

Jika memang Anda tidak bisa melepaskan diri dari high heels maka bisa coba alternatif dengan menggunakan sepatu dengan hak yang lebih rendah. Atau bisa juga gunakan bantalan gel khusus untuk kaki yang banyak dijual di pasaran

Tips Merawat Kaki Kapalan Akibat Sepatu High Heels

Setelah seharian menggunakan high heels, ada baiknya Anda memberikan perhatian yang ekstra ke kaki Anda yang sudah bekerja dengan keras.

Apalagi jika sudah muncul tanda kaki Anda mengalami kapalan, pasti tidak mau kan kapalan mengganggu penampilan? Berikut cara  menghilangkan kapalan yang bisa Anda lakukan di rumah.

  • Pertama, sepulang dari aktivitas rendamlah kaki dengan air hangat selama kurang lebih 20 menit. Tambahkan beberapa bahan khusus seperti baking soda, garam laut, cuka apel, atau teh chamomile, untuk mengurangi bengkak dan membantu proses pelukkan kapalan.
  • Setelah itu gunakan batu apung untuk menggosok bagian yang terkena kapalan. Gosok secara halus, namun jangan terlalu lama.
  • Langkah selanjutnya adalah bilas kaki lalu keringkan.
  • Setelah kering, oleskan krim pelembab sebelum Anda tidur.

Tidak sedikit orang yang mencoba menghilangkan kapalan dengan memotongnya sendiri dengan benda tajam seperti gunting kuku. Sebaiknya, jangan lakukan ini karena justru bisa menyebabkan luka dan infeksi.

Fahrenheit

Recent Posts

6 Trik Makan Sehat dan Praktis untuk Orang Sibuk

Kesibukan kerja membuat Anda sulit mencari waktu untuk makan? Jangan khawatir, kami punya solusinya berikut…

4 months ago

Jangan Salah Pilih! Simak Tips Memilih Susu yang Aman untuk Diabetes

Karena punya penyakit gula, bukan berarti Anda tak boleh minum susu lagi. Anda perlu pintar-pintar…

4 months ago

3 Minuman Sehat untuk Penderita Diabetes – Dijamin Enak!

Tahukah Anda ada beberapa minuman yang bukan saja sehat bagi penderita diabetes, tapi rasanya juga…

4 months ago

Makanan penganti untuk penderita diabetes

Punya diabetes bukan berarti Anda harus stop menikmati makanan enak. Berikut ini 5 alternatif makanan…

4 months ago

Benarkah Terkena Darah Ayam Bisa Sebabkan Kutil Muncul?

Pernahkah Anda mengalami kutil di tangan setelah terkena darah ayam? Benarkah darah ayam bisa menyebabkan…

4 months ago

Air Putih Saja Tak Cukup! Ini 6 Alternatif Minuman Penambah Cairan Tubuh untuk Cegah Dehidrasi

Air putih saja tak cukup kalau untuk cegah dehidrasi. Simak pilihan 6 jenis minuman penambah…

5 months ago