Ngabuburit nunggu buka puasa memang paling asyik main game. Tanpa terasa, perut keroncongan pun terlupakan dan tiba-tiba sudah bedug saja.

Tapi, kalau Anda adalah gamers sejati, mungkin Anda bisa merasakan sendiri bedanya gaming selama puasa dan di hari-hari biasa. Berhubung dilakukan dengan perut kosong dan mulut kering, gaming selama puasa sering kali diiringi lemas, ngantuk, pusing, hingga mata kering.

Untungnya, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan supaya main game tetap lancar meski dilakukan di bulan puasa.

 

1. Saat sahur, minum banyak air

 

Berhubung tak bisa minum saat merasa haus ketika main game, pastikan Anda sudah memenuhi asupan cairan saat sahur. Kekurangan cairan bukan saja membuat tubuh lemas tapi juga otak sulit konsentrasi saat main game.

Untuk mencegah haus selama puasa, hindari minum kopi saat sahur karena bisa membuat tubuh lebih cepat mengeluarkan cadangan cairan lewat buang air kecil. Hindari juga makan makanan asin dan banyak garam yang bisa membuat lebih haus.

 

2. Istirahat setiap 30 menit

 

Saat main game, tak jarang kita lupa waktu dan terus menerus duduk di posisi yang sama selama berjam-jam. Ini bukan saja bisa membuat nyeri sendi dan mata lelah, tapi juga tak baik untuk kesehatan jantung.

Solusinya, pasang alarm setiap 30 menit untuk mengingatkan diri supaya beristirahat sebentar. Berdirilah, kemudian lakukan peregangan atau bahkan olahraga ringan kalau perlu dengan berjalan-jalan keliling ruangan.

 

3. Istirahatkan mata

 

Agar mata tak cepat lelah saat main game, istirahatkan mata di sela-sela gaming dengan cara menjauhkan pandangan dari layar, menggerak-gerakkan bola mata, melihat ke objek-objek dengan jarak jauh, dan memandang ke area outdoor dengan cahaya matahari.

Di akhir gaming selama ngabuburit, jika mata terasa kering, Anda bisa mencuci mata dengan cairan pembersih mata Y-Rins.

Y-Rins adalah larutan steril pencuci mata yang berfungsi untuk menyegarkan mata lelah dan membersihkan debu serta kotoran di mata. Y-Rins tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman digunakan setiap hari.

 

Beli Y-RINS di sini

 

4. Hindari gaming di malam hari

 

Selama bulan Ramadan, kita biasanya bangun lebih pagi untuk makan sahur. Untuk menjaga waktu tidur agar tidak kekurangan, dianjurkan untuk tidur lebih awal di malam hari.

Jika Anda tetap main game di malam hari, ini berpotensi membuat Anda sulit tidur sehingga jam tidur berkurang dan efeknya buruk bagi kesehatan. Batasi main game selama ngabuburit saja, atau cukup satu jam saja di malam hari.

 

×

Powered by FAHRENHEIT

× How can I help you?