“Berbukalah dengan yang manis” adalah anjuran berbuka yang sudah lama menjadi tradisi. Makanan manis dan mengandung gula memang efektif untuk mengembalikan energi dan kadar gula darah yang turun setelah seharian puasa.

Namun, banyak orang kebablasan dan mengonsumsi terlalu banyak makanan manis, atau makan makanan dan minuman dengan kadar gula yang sangat tinggi.

Hasilnya, tubuh pun menjadi kebanjiran gula yang efeknya tidak baik bagi kesehatan. Kelebihan gula dalam tubuh tidak hanya membuat tumpukan lemak tubuh semakin tebal, tapi juga berisiko meningkatkan potensi penyakit jantung, darah tinggi, dan penyumbatan pembuluh darah.

Agar buka puasa tetap nikmat dengan makanan manis tanpa jadi berlebihan dan mengganggu kesehatan, pilihlah beberapa ide takjil sehat berikut ini:

 

1. Es buah tanpa tambahan gula

Saat sedang haus-hausnya, rasanya nikmat sekali membayangkan berbagai buah favorit dipotong kecil-kecil dan disajikan dingin dengan es. Selain segar dan enak, es buah juga adalah pilihan sehat untuk takjil sehat saat berbuka puasa.

Namun, supaya lebih sehat, hindari menambahkan ekstra gula pada es buah Anda. Ini termasuk juga sirup maupun susu kental manis karena keduanya sangat tinggi kandungan gula. 

Jika ingin tambahan rasa manis, cukup tambahkan 2 sendok makan madu saja, dan pilih buah-buahan yang rasanya sudah manis alami sehingga tak perlu diberi gula lagi.

 

2. Bubur kacang hijau tanpa santan

Selain lezat, kacang hijau juga kaya akan vitamin A, B, C, E, dan K sehingga baik bagi kesehatan.

Beberapa manfaat kacang hijau antara lain adalah menurunkan risiko kanker, memperkuat kesehatan tulang, menjaga kesehatan wanita, dan meningkatkan kesehatan janin di dalam kandungan.

Agar bubur kacang hijau bisa menjadi takjil sehat, gunakan less sugar alias takaran gula yang lebih sedikit saat memasak bubur ini. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi bubur kacang hijau tanpa santan, karena santan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

 

3. Puding buah

Kalau Anda suka buah tapi bosan dengan es buah, kenapa tidak coba puding buah saja? Ini adalah salah satu cara menyajikan buah-buahan dengan variasi yang berbeda, tapi tetap sehat.

Untuk menjaga tetap sehat, batasi penggunaan gula saat membuat puding atau agar-agar. Gunakan jus buah maupun potongan buah untuk dijadikan puding sehingga kandungan vitaminnya lebih tinggi.

 

4. Buah kurma tidak lebih dari 3 butir

Anjuran berbuka dengan kurma memang tidak salah. Selain cepat mengembalikan energi dan kadar gula, kurma juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Namun, kurma adalah salah satu buah dengan kandungan gula paling tinggi, sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak malah bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat kurma dan menghindari efek samping terlalu banyak gula, pastikan Anda tidak mengonsumsi kurma lebih dari 3 butir saat berbuka puasa.

Untuk menjaga berat badan selama puasa, jangan lupa tetap banyak bergerak dan beraktivitas sehingga tubuh tetap membakar lemak. Emut permen diet Slendy saat sahur atau buka puasa, sebelum tubuh beraktivitas fisik, agar pembakaran lemak tubuh lebih efektif.

Beli SLENDY di sini

×

Powered by FAHRENHEIT

× How can I help you?