kesehatan

Tidak Hanya Badan, Mata Juga Bisa Lelah

Badan yang lelah adalah hal yang biasa terutama saat kita beraktivitas yang cukup banyak. Cara mengatasi badan yang lelah dengan beristirahat atau mencari tempat pijat refleksi badan untuk melepas lelah. Namun, bukan hanya badan saja yang bisa lelah, mata kita juga bisa lelah. Lalu, bagaimana cara mengatasi mata lelah?

Ciri-Ciri Mata Lelah

Terdapat beberapa ciri-ciri mata lelah yang terdiri dari :

1.     Mata akan berair atau terasa kering

2.     Mata menjadi sensitif terhadap cahaya

3.     Mata menjadi kabur

4.     Rasa nyeri, pedih, atau gatal pada mata

Mata lelah disebabkan oleh banyak alasan, seperti membaca terlalu lama dalam ruangan yang minim cahaya, mengemudi dalam jarak yang jauh yang membutuhkan mata untuk fokus, terpapar angin langsung pada mata, cahaya yang terlalu terang langsung ke mata, serta kelelahan dan stres dapat membuat mata lelah.

Ketika mata lelah, maka akan mempengaruhi bagian tubuh lainnya, seperti memberikan rasa sakit pada kepala, nyeri pada leher dan punggung, serta bahu terasa tidak enak. Efek tersebut akan bertambah parah jika kita kurang tidur yang membuat nutrisi yang bertugas untuk memperbaiki jaringan mata tidak dapat bekerja secara maksimal, sehingga mata akan tetap terasa lelah.

Sumber : https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/gangguan-indera/seperti-apa-saja-gejala-mata-lelah-yang-sering-terjadi

Cara Mengatasi Mata Lelah

Sama seperti badan saat merasa lelah, mata kita juga perlu untuk istirahat saat lelah. Cara mengatasi mata lelah adalah :

1.     Menutup mata 20 detik

Dengan mencoba untuk menutup mata selama 20 detik setiap 20 menit sekali agar dapat memberikan waktu untuk mata beristirahat.

2.     Mengompres mata

Mata lelah dapat diredakan dengan mengompres mata menggunakan air hangat agar saraf-saraf pada mata menjadi rileks.

3.     Tidak membaca atau melihat layar

Berikan waktu sejenak untuk mata beristirahat dari membaca buku atau melihat layar HP atau laptop yang dapat membuat mata lelah. Sebaliknya, melihat pemandangan yang hijau untuk membuat otot mata menjadi rileks karena mata lebih nyaman melihat warna hijau.

4.     Menggunakan Y-rins

Y-rins adalah larutan pembersih mata yang tidak mengandung bahan pengawet, sehingga aman untuk digunakan setiap hari. Cukup dengan menuangkan Y-rins pada mata dan berkedip berulang kali sebagai bentuk cuci mata yang akan membuat mata menjadi lebih segar dan menghilangkan mata lelah.

OTC FAHRENHIET

Share
Published by
OTC FAHRENHIET

Recent Posts

Ciri ciri menderita wasir

Wasir atau Ambeien adalah suatu hal yang sama. Penyakit ini sangat cukup menggangu manusia saat…

7 months ago

Cara Menyembuhkan Wasir

Siapa tidak tahu wasir, Wasir adalah pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah vena yang berada di…

9 months ago