kesehatan

Kenali Gejala Dan Penyebab Mata Ikan!

Mata ikan merupakan sebuah penyakit yang timbul pada bagian tubuh yang sering mengalami tekanan atau gesekan secara berulang kali. Sehingga, terjadi penebalan kulit karena tekanan serta gesekan yang diberikan, biasanya berbentuk bulatan kecil  dan pada bagian tengahnya terasa keras.  Penyakit ini memberikan sensi nyeri pada kulit dan dapat mengganggu keindahan kulit.

Jenis Mata Ikan

Penyakit ini terbagi atas tiga jenis yang dibedakan berdasarkan bentuk dan tempat timbulnya. Berikut adalah jenis-jenisnya :

  • Mata ikan keras

Jenis ini adalah yang paling sering dialami karena jenis ini timbul di bagian kulit yang bersentuhan secara langsung dengan tulang seperti pada tangan dan kaki. Jenis ini memiliki ciri-ciri adanya timbul penumpukan kulit yang keras dan pada tengahnya terdapat sesuatu yang keras.

  • Mata ikan lunak

Berbeda dengan jeni yang keras, jenis ini timbul pada bagian kulit yang lembab, contohnya adalah sela-sela jari kaki atau tangan. Jenis ini memiliki ciri-ciri bertekstur kenyal dan halus serta berwarna abu-abu atau keputihan.

  • Mata ikan kecil

Jenis ini memiliki ukuran terkecil dibanding jenis lainnya dan muncul pada telapak kaki dan memberikan rasa nyeri.

Penyebab Mata Ikan

Penyakit ini timbul karena adanya tekanan dan gesekan yang terjadi secara berulang kali pada bagian kulit. Berikut adalah beberapa hal yang menimbulkan gesekan dan tekanan :

  • Menggunakan sepatu dan kaus kaki yang tidak sesuai ukuran
  • Menggunakan sepatu hak tinggi
  • Tidak menggunakan kaus kaki
  • Tidak menggunakan sarung tangan ketika menggunakan alat yang membutuhkan tekanan atau gerakan berulang

Cara Mengobati Mata Ikan

Mata ikan adalah penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus ada penanganan khusus. Namun, ketika penderita tidak kunjung sembuh atau semakin memburuk, maka terdapat beberapa cara untuk mengobatinya, yaitu :

  • Krim atau Patch

Krim atau patch obat yang memiliki kandungan asam salisilat dapat membantu menyembuhkan dengan cara ditempel dan diamkan agar obatnya dapat bekerja.

  • Menipiskan lapisan kulit yang menebal

Proses penipisan lapisan kulit yang menebal dilakukan menggunakan pisau bedah yang bertujuan untuk mengangkat kulit berlebih dan juga meredakan rasa nyeri. Hal ini hanya boleh dilakukan oleh dokter karena dapat mengakibatkan infeksi jika dilakukan dengan tidak benar.

  • Operasi

Operasi yang dilakukan adalah memperbaiki bentuk tulang yang sering mengalami gesekan. Tindakan ini dilakukan jika bentuk tulang memang memiliki kelainan yang menyebabkan sering terjadi gesekan.

  • Penggunaan Orthotics

Orthotics adalah sisipan sepatu yang dibuat khusus mengikuti bentuk kaki agar dapat mengurangi gesekan dan tekanan ketika menggunakan sepatu.

Sumber : www.alodokter.com

OTC FAHRENHIET

Share
Published by
OTC FAHRENHIET

Recent Posts

Ciri ciri menderita wasir

Wasir atau Ambeien adalah suatu hal yang sama. Penyakit ini sangat cukup menggangu manusia saat…

7 months ago

Cara Menyembuhkan Wasir

Siapa tidak tahu wasir, Wasir adalah pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah vena yang berada di…

9 months ago