kesehatan

Waspada Kutil Kelamin!

Kutil merupakan penyakit kulit yang berbentuk sebuah tonjolan yang timbul pada permukaan kulit yang diakibatkan adanya infeksi virus HPV (Human Papillomavirus). Virus ini menyerang dan menyebabkan kelainan pada kulit, sehingga kulit memproduksi keratin, yaitu protein penyusun rambut dan kuku, secara berlebihan.

Kelebihan keratin ini akan menumpuk di permukaan kulit, sehingga terbentuk tekstur kulit baru yang disebut kutil. Virus penyebab kutil dapat menular dengan mudah. Penularannya dapat terjadi jika seseorang bersentuhan langsung dengan kulit penderita kutil atau benda yang terkontaminasi virus HPV. Salah satu bentuk infeksi HPV adalah kutil kelamin.

Kutil Kelamin

kutil kelamin adalah penyakit yang dapat menular melalui hubungan seksual dengan penderitanya yang biasanya muncul beberapa bulan setelah hubungan seksual dengan penderita kutil. Risiko tertular virus ini dapat meningkat ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda dan tidak menggunakan kondom.

Biasanya, kutil kelamin memiliki ukuran yang kecil, sehingga sulit untuk dilihat. Meskipun berukuran kecil, tapi dapat muncul dalam jumlah yang banyak dan menyebar. Penyakit ini pada umumnya tidak menyakitkan, namun dapat memberikan rasa tidak nyaman karena menimbulkan rasa gatal, nyeri, sensasi terbakar, bahkan membuat pendarahan saat sedang berhubungan badan.

Cara Mencegah dan Menyembuh

Penyebaran HPV  dapat dicegah dengan menjaga kebersihan badan, tidak menyentuh kutil yang dimiliki orang lain, tidak menggunakan pakaian dalam secara berulang-ulang tanpa dicuci, dan menjalani vaksinasi HPV. Penggunaan kondom saat berhubungan badan juga sangat dianjurkan agar dapat mengurangi resiko penularan virus. Mengurangi mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga rokok adalah salah satu cara mencegah kutil kelamin.

Biasanya, penyakit kutil akan sembuh dengan sendirinya seiring waktu. Namun, terdapat beberapa kasus yang mana kutil menyebar dan dapat mengganggu kesehatan tubuh, sehingga dibutuhkan penanganan seperti menggunakan oba toles, terapi laser, krioterapi, atau kauterisasi. Meskipun begitu, terdapat beberapa kasus kutil yang sembuh, namun HPV tetap ada dalam tubuh dan dapat menimbulkan kutil yang baru di tempat yang lain atau tempat yang sama.

sumber : https://www.kompas.com/sains/read/2022/06/16/200500123/awas-kutil-kelamin-mengintai-perempuan-ini-cara-menjaga-kebersihan-miss-v?page=all#:~:text=Sedangkan%20di%20Indonesia%2C%20diperkirakan%20sebanyak,15%2F6%2F2022).

OTC FAHRENHIET

Share
Published by
OTC FAHRENHIET

Recent Posts

Olahraga yang berbahaya untuk penderita wasir

Hati - hati jika yang sering melakukan olahraga ini. Olahraga ini harus dihindari untuk penderita…

5 months ago

Ciri ciri menderita wasir

Wasir atau Ambeien adalah suatu hal yang sama. Penyakit ini sangat cukup menggangu manusia saat…

6 months ago

Cara Menyembuhkan Wasir

Siapa tidak tahu wasir, Wasir adalah pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah vena yang berada di…

8 months ago